Pentingnya Internet untuk Pendidikan

  • 08 Mei 2020

Perkembangan teknologi Internet dalam kehidupan sehari-hari memiliki dampak yang luar biasa positif di berbagai aspek kehidupan, termasuk juga di dalam dunia pendidikan. Sistem pendidikan yang didukung dengan teknologi Internet telah menghasilkan metode pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan oleh pihak pengajar dan pelajar di sekolah. Oleh karena itu, saat ini Internet memiliki peran penting sebagai sarana penunjang perkembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

Manfaat utama yang didapatkan dari kegunaan Internet di bidang pendidikan adalah sebagai sarana mencari informasi. Terlebih lagi, informasi yang terdapat di Intenet lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat dikatakan bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal pelajaran maupun cara mengerjakannya. Selain itu, internet juga mempermudah kamu untuk mencari referensi literatur, hanya dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu akan langsung mendapatkan informasi yang sesuai dengan kata kunci literatur tersebut.

Selain itu, pemanfaatan teknologi Internet yang sedang marak dilakukan saat ini adalah sistem pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh ini dapat ditemukan di sejumlah universitas yang menyediakan program kuliah online, memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah tanpa harus hadir ke universitas tersebut. Kita juga dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa khawatir dimanapun kita berada. Internet juga memiliki peran penting untuk para pelajar dalam mencari beasiswa. Melalui internet, kamu dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara lebih luas.

Photo Gallery