Biznet Hadirkan Program Kebersihan Pantai Bali

  • 08 Mei 2020

Menjaga kebersihan lingkungan adalah kewajiban kita semua, termasuk menjaga kebersihan pantai. Indonesia memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang luar biasa yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki kekayaan pantai yang kaya dan berpotensi menjadi objek wisata dunia. Mengapa kebersihan pantai dan laut itu penting? Pantai dan laut merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Pantai dan laut memiliki peran dan manfaat yang sangat penting bagi kelanjutan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Saat ini permasalahan sampah di daerah wisata pantai masih menjadi masalah utama. Tahukah kamu bahwa sekarang ini banyak pantai yang di penuhi oleh sampah? Belum lama ini Bali didaulat menjadi salah satu daerah yang memiliki masalah besar akibat beberapa pantainya tercemar oleh sampah, dan 80% pencemaran ini disebabkan oleh sampah yang berasal dari darat, yang dengan sengaja dibuang ke pantai atau laut oleh manusia. Kondisi ini tentu saja sangat mempengaruhi pertumbuhan industri pariwisata di Bali, mengingat Bali adalah salah satu magnet pariwisata dunia. Tidak hanya berdampak pada industri wisata, pencemaran ini juga berdampak pada kelanjutan kehidupan ekosistem laut.

Melihat kenyataan yang ada, kita tentu harus mulai melakukan langkah nyata untuk menyelamatkan kelestarian pantai yang ada di Bali. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Pertama, kita bisa mulai dengan diri sendiri dengan tidak membuang sampah di pantai dan laut. Kita juga dapat memberikan himbauan kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan pantai Bali, serta memberikan pengetahuan untuk melestarikan pantai dan laut, diantaranya dengan menjaga kebersihan pantai, melakukan reklamasi laut dengan menanam hutan bakau di sepanjang pantai, dan juga membangun cagar alam di sekitar pantai, yang bertujuan untuk melesetarikan hewan-hewan yang hidup di pantai.

Sebagai bagian dari generasi muda Indonesia, Biznet mengajak kita semua untuk mengambil peran dalam melestarikan pantai-pantai di Bali dan wilayah Indonesia lainnya. Salah satu peran serta Biznet dalam menjaga kebersihan pantai Bali ditunjukkan melalui program Biznet Bali Beach Cleaning yang akan segera diluncurkan pada pertengahan tahun in. Biznet bekerjasama dengan berbagai pihak yang sangat mendukung program ini, dengan harapan Biznet dapat membantu membangun kesadaran masyarakat, mulai dari hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan di pantai atau di laut. Dengan hal ini tentu saja kita sudah membantu untuk menjaga kebersihan dan kelestarian pantai. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga kelestarian alam milik kita. Kamu juga bisa menjadi bagian dari kampanye Biznet dalam menjaga kebersihan pantai-pantai Indonesia. Follow terus instagram @BiznetHome untuk mengetahui info lengkap mengenai program Biznet Bali Beach Cleaning, ya!

Photo Gallery