SOLUSI UNTUK INDUSTRI KESEHATAN

Kami mengerti bahwa setiap detik di dalam industri kesehatan sangat berarti, kami ingin memperkenalkan kehandalan jaringan dan pelayanan pelanggan terbaik untuk Anda.

Biznet Healthnet merupakan layanan Biznet Dedicated Internet khusus untuk rumah sakit/ institusi kesehatan dengan pilihan layanan mulai dari 60 Mbps hingga 10 Gbps. Layanan Healthnet hadir untuk memastikan performa koneksi jaringan ke Global Internet dalam kondisi terbaik setiap waktu dengan harga yang kompetitif.

Dengan adanya Healthnet , pihak rumah sakit/ institusi kesehatan juga dapat menikmati layanan Biznet Hotspot, yang merupakan layanan free Wi-Fi dari Biznet, sehingga rumah sakit/ institusi kesehatan tidak perlu berinvestasi pada penyediaan perangkat hotspot dan dapat tetap fokus pada kegiatan operasional rumah sakit/ institusi kesehatan. Biznet Hotspot merupakan layanan free Wi-Fi dari Biznet dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Jaringan Healthnet

Hospital
Clinic
Insurance
Drug Store
Training Center

Fitur Jaringan

Jaringan Biznet Fiber dengan kapasitas 60 Mbps - 10 Gbps

Koneksi langsung ke Biznet Data Center dengan kecepatan 10/100 Gbps

Aman, cepat dan terpercaya

Konsep Telemedis dan Cara Penerapannya di Indonesia

Kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi di hampir semua bidang kehidupan, kesehatan pun kini tidak lepas dari pengaruh teknologi, yang juga dikenal dengan sebutan Telemedis. Di negara kita, istilah ini semakin populer karena jumlah institusi dan lembaga kesehatan yang telah menerapkan teknologi dalam kegiatan rutin mereka. Tidak hanya memberikan kemudahan bagi lembaga atau institusi dalam memberikan pelayanan, keberadaan teknologi juga sangat membantu pasien dalam menerima pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas.

biznet healthnet

Telemedis sendiri merupakan konsep yang memungkinkan dokter dan pasien untuk dapat melakukan konsultasi kesehatan dari jarak jauh. Hal ini didukung oleh ketersediaan perangkat medis yang kini bisa digunakan untuk memonitor kesehatan pasien dan langsung mengirimkannya kepada dokter yang bersangkutan, untuk memutuskan obat atau perawatan apa yang dibutuhkan oleh pasien yang bersangkutan. Bahkan, saat ini sudah ada teknologi yang memungkinkan dokter untuk melakukan tele-surgery dengan bantuan teknologi dalam bentuk robot yang dapat dikendalikan untuk melakukan operasi pasien. Telemedis pun telah dapat menciptakan konsep dimana ruangan ICU dapat dikontrol dan dimonitor oleh dokter dari jarak jauh. Lalu, bagaimana lembaga dan institusi kesehatan bisa mulai menerapkan konsep Telemedis dalam operasional mereka? Dan apa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pasien dengan adanya konsep ini? Berikut kami ulas beberapa hal yang bisa dijadikan referensi dalam proses penerapan konsep Telemedis di Indonesia.

  1. Pastikan koneksi Internet memadai

    Semua hal yang berkaitan dengan teknologi tidak bisa dipisahkan dari koneksi Internet. Sebagai kunci dari keberhasilan dan kesuksesan penerapan konsep Telemedis, kita harus memastikan ketersediaan koneksi Internet yang memadai, berkualitas, dan memiliki kapasitas bandwidth yang besar sehingga dapat mengakomodir kebutuhan secara maksimal.

  2. Persiapkan perangkat kesehatan yang berkualitas

    Dalam bidang kesehatan, penggunaan perangkat medis merupakan sebuah keharusan. Mulai dari perangkat standar seperti stetoskop, alat USG, X-Ray, hingga perangkat besar seperti perangkat MRI merupakan kebutuhan utama yang tidak bisa ditawar lagi keberadaannya. Namun saat ini, ada perangkat teknologi yang dibutuhkan dalam penerapan konsep Telemedis yang dinamakan wearable device. Ada berbagai perangkat yang tersedia untuk memonitor kesehatan termasuk memonitor detak jantung, kadar gula darah, tekanan darah rendah atau tinggi, kadar lemak dan kalori, dan lain sebagainya. Perangkat ini hadir dalam berbagai bentuk diantaranya kalung, gelang, jam tangan, dan juga aplikasi smartphone. Dengan koneksi Internet seluruh data yang terekam oleh perangkat ini akan terhubung langsung ke pusat data secara realtime yang dapat diakses oleh dokter dan pekerja kesehatan lainnya, yang akan menjadi rujukan dalam menentukan langkah penanganan pasien selanjutnya.

  3. Pastikan semua data pasien tersimpan dengan baik

    Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah penyimpanan dan pengelolan data medis pasien. Mulai dari data konsultasi, hasil pemeriksaan seperti tes darah dan X-Ray, hingga data pemberian obat harus tercatat dengan baik. Data medis menjadi penting karena dapat menjadi kunci utama bagi kelanjutan langkah medis yang harus diambil oleh dokter maupun pekerja medis lainnya, dalam mendukung program penyembuhan dan kesehatan seluruh pasien. Untuk menjaga keamanan data pasien, institusi atau lembaga kesehatan dapat menggunakan layanan Data Center atau penyimpanan data, yang menawarkan layanan penyimpanan data secara lengkap dan menyeluruh. Beberapa layanan data center yang bisa menjadi pertimbangan antara lain layanan Biznet Data Center (biznetdatacenter.com) atau layanan Cloud Computing dari Biznet Gio Cloud (biznetgio.com).

  4. Persiapkan SDM dan pekerja medis secara maksimal

    Teknologi ini tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan penuh dari sumber daya manusianya. Seluruh pekerja medis sebaiknya mendapatkan pengetahuan atau pelatihan yang memadai terkait dengan konsep Telemedis, sehingga dapat menerapkan konsep ini secara maksimal. Oleh karenanya, sumber daya manusia patut menjadi salah satu fokus utama bagi seluruh lembaga dan institusi kesehatan dalam menjalankan praktek Telemedis.

  5. Gunakan aplikasi layanan kesehatan yang berkualitas

    Dalam menerapkan metode Telemedis, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan berkualitas. Beberapa aplikasi Telemedis yang terpercaya adalah VSee, yang merupakan aplikasi kesehatan yang telah lebih dulu dikenal secara global, dan juga Temenin, yang merupakan aplikasi kesehatan yang direkomendasikan oleh Pemerintah RI (https://temenin.kemkes.go.id/). Temenin menawarkan layanan Telemedis yang mencakup empat kategori utama, yaitu Radiologi, Ultrasonografi (USG), Elektrokardiaografi, dan juga Konsultasi. Selain itu, aplikasi seperti Zoom, BGN Meet, Google Hangout, Microsoft Teams, Youtube, Facebook, Instagram juga memiliki peranan penting dalam kelancaran kegiatan kesehatan, diantaranya melalui live streaming dan webinar, yang bisa membantu seluruh pekerja kesehatan agak tetap terupdate akan perkembangan yang ada di dunia kesehatan.

Konsep Telemedis memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di daerah terpencil dengan akses yang terbatas ke berbagai fasilitas kesehatan. Konsep Telemedis diharapkan mampu membawa tangan-tangan dokter keluar dari ruang praktek mereka, untuk menyentuh mereka yang tinggal jauh di pelosok sehingga jarak antara pasien dan dokter tidak lagi menjadi kendala. Pemanfaatan konsep Telemedis sangat terdukung oleh koneksi Internet yang berkualitas. Hal itulah yang mendorong Biznet untuk memperkuat komitmen dan mengembangkan berinovasi, untuk dapat menghadirkan layanan Internet terbaik, di seluruh wilayah di Indonesia.

Layanan Terkait

Tipe Layanan Nama Layanan
Internet

Biznet Dedicated Internet, Biznet Metronet

Network

Biznet DataComm

Data Center Biznet Colocation, Biznet GIO Cloud
IPTV

Biznet IPTV

Jalin Koneksi

Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail tentang layanan kami?

Anda bisa berhubungan langsung dengan tim kami melalui formulir online dengan memberikan informasi mengenai layanan yang Anda butuhkan, tim kami yang ramah selalu sedia memberikan solusi terbaik untuk Anda.