full image

Tips Tetap Efektif Belajar dari Rumah

Aktivitas belajar di rumah sudah menjadi kebiasaan baru yang dilakukan banyak orang. Karena itu, kita harus bisa terus beradaptasi dengan kebiasaan baru yang satu ini. Awalnya mungkin sebagian orang belum terbiasa dan bingung bagaimana caranya agar belajar dari rumah bisa tetap efektif seperti belajar di sekolah. Berikut ini beberapa tips cara agar kegiatan belajar di rumah tetap efektif.

1. Belajar di rumah, bukan bersantai di rumah

Aktivitas belajar yang saat ini harus dipindahkan ke rumah, bukan berarti jadi kesempatan kamu untuk bersantai dan banyak bermain di rumah ya. Terapkan mindset kamu serta sistem belajar yang sama dengan kegiatan belajar di sekolah meskipun di rumah, agar efektivitas belajar tidak menurun. Caranya, kamu harus bisa untuk tetap fokus belajar, memakai pakaian yang rapi atau menggunakan seragam di jam belajar, dan anggap guru benar-benar berada di hadapan kamu.

2. Mengatur waktu belajar dengan baik

Pastikan kamu hadir tepat waktu dan mengikuti proses belajar sesuai jadwal yang sudah ditentukan sekolah atau kampus kamu. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik untuk sejenak mengistirahatkan badan dan pikiran agar kamu tetap happy karena mood yang baik juga bisa meningkatkan imun kamu.

3. Menjadi murid yang aktif

Dengan menjadi murid yang aktif, artinya kamu harus memperhatikan apa yang disampaikan oleh pengajar, sehingga konsentrasi kamu akan tetap terjaga dan kamu tidak akan memiliki waktu untuk terdistraksi oleh hal-hal yang mengganggu waktu belajar kamu.

4. Persiapkan perangkat yang dibutuhkan

Karena cara yang diterapkan untuk belajar di rumah adalah online learning, tentunya perangkat teknologi yang digunakan harus memadai dan harus disiapkan dengan baik, seperti PC, laptop, tablet, smartphone, headset, modem, webcam dan lain sebagainya.

5. Pastikan Koneksi Internet WiFi kamu Cepat dan StabilTerakhir dan yang paling penting adalah, pastikan Internet WiFi yang kamu gunakan di rumah cepat dan stabil. Karena kegiatan online learning di rumah sangat membutuhkan koneksi Internet yang bisa diandalkan agar selalu lancar mulai dari ngumpulin tugas, berinteraksi dengan guru atau dosen, hingga mengikuti ujian secara online. Jadi, pastikan kamu #PakeBiznet agar belajar di rumah semakin lancar.

Related Post