full image

Sambut Era ‘Serba Digital’ di Tahun 2021

Tahun 2020 mungkin jadi tahun yang cukup berat bagi seluruh masyarakat di dunia karena adanya pandemi global virus COVID-19. Namun, pandemi ini juga membuat semua orang untuk terus beradaptasi dan bergerak maju. Kita juga harus memanfaatkan ini sebagai momentum untuk mendorong transformasi digital, di mana saat ini seluruh aktivitas sehari-hari menjadi serba online dan serba digital, termasuk beberapa aktivitas berikut.

1. Konsultasi Kesehatan secara Online

Kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Bidang kesehatan pun kini tidak lepas dari pengaruh teknologi, dimana kini ada istilah Telemedis, yaitu konsep yang memungkinkan dokter dan pasien untuk dapat melakukan konsultasi kesehatan dari jarak jauh dengan bantuan teknologi. Di Indonesia sendiri, kini masyarakat sudah dapat mudah berkonsultasi jarak jauh dengan dokter hingga membeli obat-obat secara online hanya dari satu aplikasi saja.

2. Acara Virtual

Di tahun yang akan datang, sebuah event atau acara bisa jadi akan lebih banyak yang diadakan secara virtual seperti konser musik virtual, seminar virtual, hingga pernikahan dan wisuda virtual. Tentunya teknologi mentransformasi kegiatan yang sifatnya offline menjadi online dan bisa dihadiri atau dinikmati dari mana saja termasuk dari rumah.

3. Pembayaran Cashless

Metode transaksi pembayaran yang berlaku saat ini pun ikut bergeser menjadi pembayaran secara digital, dan masyarakat harus kembali beradaptasi dengan metode pembayaran yang baru ini. Bagi kaum milenial, mungkin kebanyakan dari mereka cenderung untuk lebih memilih metode yang dinilai lebih praktis ini dan tidak memerlukan uang fisik atau biasa disebut cashless. Tentunya, dengan tidak melakukan pertukaran uang fisik juga bisa mengurangi penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.

4. Belajar dan Bekerja dari Rumah

Yang menjadi tren berikutnya adalah belajar dan bekerja dari rumah secara online, yang dilakukan sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Dengan hadirnya teknologi, kini belajar dan bekerja pun tidak harus tatap muka dan bisa memanfaatkan berbagai platform digital yang ada untuk melakukan meeting hingga mengerjakan ujian sekolah.

5. Belanja dan Bisnis Online

Kini, belanja dan membangun bisnis sendiri juga bisa dilakukan secara online dari rumah saja. Pandemi memang ikut merubah tren belanja dan berbisnis masyarakat. Hal ini harus dimanfaatkan sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Dengan teknologi digital, masyarakat memilih sesuatu yang lebih praktis termasuk berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Selain itu, masyarakat juga diberikan kesempatan yang cukup luas untuk lebih mudah membangun dan mengembangkan bisnis sendiri dengan memanfaatkan teknologi digital dan Internet.



Related Post

Jakarta, Indonesia

MidPlaza 2, 8th Floor
Jl Jenderal Sudirman 10-11
Jakarta 10220 - Indonesia

contact info

-scroll@3/dist/infinite-scroll.pkgd.js"> -->