full image

Ketahui Efektivitas Masker Agar Tidak Salah Pilih

Pandemi COVID-19 menjadikan masker sebagai salah satu item yang wajib dimiliki dan digunakan oleh hampir setiap individu di dunia. Semenjak WHO (World Health Organization) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global beberapa bulan yang lalu, masker menjadi item kesehatan yang pada awalnya harus dikenakan hanya oleh mereka yang sedang sakit atau mengalami gejala flu seperti batuk atau bersin-bersin.

Saat ini telah banyak tersedia berbagai tipe dan jenis masker lainnya yang dapat bisa dengan mudah kita peroleh, mulai dari masker medis, masker kain, dan masker lainnya yang sebagian besar meng-klaim dapat memberikan perlindungan maksimal dari virus COVID-19. Tapi, apa sebenarnya perbedaan dan fungsi dari jenis-jenis masker tersebut? dan jenis perlindungan seperti apa yang ditawarkan bagi penggunanya? Berikut kami hadirkan ulasannya.

image
N95

Perlindungan Terbaik

Virus
95%
Dust
100%
Bacterial
100%
Pollen
100%
Masker N95 terbuat dari 2 lapis non-woven spunbond dan 3 lapis non-woven meltblown dengan perlindungan terbaik terhadap mikro partikel dan aerosol berukuran 0,1 mikron, dengan tingkat penyaringan minimal 99%.
image
Surgical Mask

Penggunaan Medis

Virus
95%
Dust
100%
Bacterial
80%
Pollen
80%
Surgical Mask 3-Ply terbuat dari 2 lapis non-woven spunbond dan 1 lapis non-woven meltblown yang mampu melindungi penggunanya dari debu, droplet air liur, bakteri, dan partikel kecil lain. Dengan efektivitas filtrasi bakteri (BFE – Bacteria Filtration Efficiency) 99%, Surgical Mask 3-Ply ini dapat mengurangi resiko penularan penyakit melalui udara.
image
Masker FFP1

Perlindungan Tertinggi

Virus
95%
Dust
80%
Bacterial
80%
Pollen
80%
Masker FFP1 dianggap sebagai alternatif dari masker N95. Masker FFP1 melindungi seseorang dari menghirup partikel yang kualitasnya lebih berbahaya. Masker ini biasanya juga lebih aman dipasang di sekitar hidung dan mulut untuk memastikan bahwa partikel beracun atau berbahaya tidak masuk.

Penggunaan masker menjadi salah satu cara yang efektif dalam mencegah penularan COVID-19. Apapun masker yang digunakan, kita sebaiknya mengerti mengenai cara pemakaian yang tepat dan mengetahui dengan jelas perbedaan dari berbagai tipe dan jenis masker.


Related Post

pt> $("#shareRoundIcons").jsSocials({ showLabel: false, showCount: false, shares: ["facebook"] });