Esports, Satu Cabang Olahraga Baru dengan Masa Depan Cerah

Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang memang sudah berakhir, tapi setiap momen bersejarah yang terjadi di pagelaran olahraga terbesar di Asia tersebut pasti masih terkenang di memori kita semua. Selain momen memukau di acara Opening Ceremony Asian Games 2018, ada momen lain yang tidak kalah bersejarah, yaitu momen dimana Esports masuk menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 untuk pertama kalinya dalam sejarah Asian Games. Hal ini semakin membuktikan bahwa Esports kini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Esports muncul di Indonesia berkat adanya kemudahan mengakses teknologi, terutama teknologi Internet yang ada dan berkembang saat ini. Akses Internet yang semakin cepat hingga meningkatnya perkembangan game dan gadget di Indonesia. Olahraga Esports merupakan game yang mempertandingkan permainan yang dapat disimulasi secara tim atau perorangan. Kehadiran Esports sendiri sebenarnya sudah cukup lama. Situs Bequipe yang merupakan salah satu situs Esports Internasional, memaparkan bahwa turnamen Esports pertama kali berlangsung di Universitas Standford pada 19 Oktober 1972.

Di Indonesia sendiri, masa kejayaan game online dimulai sejak awal tahun 2000-an. Saat itu game seperti Counter Strike, DotA, League of Legends, StarCraft, dan Mobile Legends, yang merupakan game online berbasis permainan multiplayer, terus berkembang dengan sangat pesat. Turnamen-turnamen besar mulai dipertandingkan dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Kepopuleran game online berbasis multiplayer membuat Esports semakin dilirik oleh banyak pihak, salah satunya melalui turnamen Esports Piala Presiden Esports 2019 yang diselenggarakan berkat hasil kerjasama IESPL dengan Pemerintah.

Biznet sebagai perusahaan penyedia layanan Internet terdepan di Indonesia tentunya mendukung penuh perkembangan Esports di Indonesia dengan menghadirkan layanan berkualitas serta layanan khusus untuk mendukung para gamers dalam bermain game online. Biznet juga mendukung dua tim Esports terbaik Indonesia yaitu RRQ dan Onic yang telah memenangkan berbagai turnamen di dalam maupun luar negeri, yang membuat keduanya resmi menjadi Biznet Official Esports Team. Dukungan Biznet ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan memberikan inspirasi bagi para atlet Esports untuk terus berprestasi membawa nama Indonesia di kancah dunia.