Komunitas Skateboard di Indonesia

  • 09 Juni 2020

Berbicara mengenai skateboatrd, mungkin kita langsung terbayang dengan olahraga yang menantang dan memicu adrenalin. Namun olahraga yang mayoritas digandrungi oleh kalangan remaja dan pemuda ini, tetap dianggap sebagai kegiatan yang menyenangkan. Semenjak skateboard ini booming di Indonesia di tahun 90an, perkembangan skateboard semakin pesat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya komunitas skateboard yang bisa kita jumpai di berbagai kota-kota besar di Indonesia, dan mampu menghadirkan skaters-skaters handal yang mengikuti berbagai kompetisi bergengsi baik nasional maupun internasional.

Selain melakukan olahraga skateboard bersama, komunitas ini dianggap bermanfaat bagi setiap anggotanya. Karena mereka bisa menambah teman sebanyak-banyaknya yang memiliki satu hobi yang sama yaitu skateboard. Setiap anggota di komunitas ini sudah pasti akan selalu ada untuk mereka yang mau belajar trik-trik bermain skateboard ataupun memberikan semangat ketika ada yang jatuh atau cedera. Skateboard memang hal yang menarik di kalangan anak muda, dan olahraga ini sudah terbukti dapat menjadi magnet positif bagi anak-anak muda dalam berkreasi.

Komunitas-komunitas papan luncur di beberapa kota di Indonesia

Di Ibu Kota Jakarta sendiri, ada sebuah komunitas bernama Senayan Skateboard, yang tentunya terbentuk dari sekumpulan anak muda yang sering latihan skateboard di Gelora Bung Karno, Senayan, sejak tahun 1994 hingga saat ini. Di kota pelajar Yogyakarta, komunitas-komunitas papan luncur secara umum sudah berdiri sekitar tahun 1990-an, yang diawali dari komunitas-komunitas kecil yang ada di tiap daerah yang mulai berkembang hingga sekarang. Setiap komunitas kecil ini memberikan nama dan memiliki karakteristik yang berbeda di tiap komunitas. Setiap komunitas skate dari berbagai daerah berkumpul dan menjadi komunitas-komunitas yang lebih besar. Melalui hal ini setiap komunitas dapat berbagi pengetahuan dan informasi seputar papan luncur. Melalui beberapa event yang diadakan atas kerjasama dari beberapa komunitas, menghasilkan kemajuan yang cukup bagus dibandingkan pada saat mulai terbentuknya tiap-tiap komunitas papan luncur ini. Komunitas papan luncur Predator merupakan salah satu dari sekian banyak komunitas papan luncur yang ada di Yogyakarta.

Bergerak ke kota Bandung, kita akan menemui Street Skate Family, salah satu Komunitas Skateboard yang yang terbentuk sekitar awal 2007 dari sekelompok anak muda yang memiliki hobi yang sama, yakni bermain papan luncur. Sedangkan di kota Bali, terdapat komunitas bernama Bajing Skate Team. Tempat latihan mereka memang hanya di sebuah lapangan, karena memang sarana lapangan latihan di Bali yang masih terbatas. Bagi kamu yang tinggal di Batam, bisa bergabung dengan Batam Skateboard Community atau yang dikenal dengan sebutan Bascom. Komunitas ini terbentuk dari tahun 1999, dengan tujuan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dapat berkumupul dan “skating” bersama, juga menjauhkan masyarakat dari kegiatan negatif yang dapat merugikan masyarakat.

Itulah beberapa komunitas skateboard yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang berada di kota-kota tersebut dan tertarik dengan olahraga skateboard, kamu bisa langsung gabung dan menikmati serunya bermain papan luncur bersama-sama. Tentunya masih banyak komunitas skateboard yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Dan seiring dengan perkembangan teknologi, para pecinta skate di Indonesia yang mungkin belum mau bergabung dengan komunitas, kini mereka juga bisa mendapatkan informasi seputar skate di dunia melalui video di YouTube. Skateboard merupakan salah satu olahraga yang layak dicoba semua anak muda baik laki-laki maupun perempuan.

Photo Gallery