Dukungan Biznet Bagi Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan di Indonesia

  • 09 Juni 2020

Berdasarkan data pemerintah tentang lulusan sebagian besar tenaga kerja Indonesia saat ini, 42,5 persen adalah lulusan Sekolah Dasar, 66 persen lulusan Sekolah Menengah Pertama atau sederajat, dan 82 persen merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Kondisi ini menjadi perhatian pemerintah dan menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua sebagai warga negara untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, tidak hanya untuk mendukung proses pembangunan negara, namun juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sehingga dapat bersaing dengan sumber daya manusia yang ada di negara berkembang lainnya di dunia.

Faktanya, tidak dapat dipungkiri bahwa berdasarkan data yang ada, kualitas dan mutu pendidikan Indonesia saat ini masih berada di daftar 10 negara dengan kualitas pendidikan yang rendah di dunia. Tidak diam saja, Pemerintah pun melakukan langkah-langkah nyata dalam peningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, dan tentunya harus kita dukung dengan melakukan upaya mendukung pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara semakin terpacu untuk terus mendukung program dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di negara ini.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program BOS (Bantuan Operasional Sekolah)

Salah satu faktor penghambat yang paling mencolok adalah akses memperoleh pendidikan yang masih terbatas bagi banyak anak Indonesia. Biaya pendidikan yang tinggi dan kondisi ekonomi menjadi dua faktor yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Beberapa program yang telah dijalankan oleh Pemerintah antara lain program pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program BOS (Bantuan Operasional Sekolah), yang memungkinkan lebih banyak anak Indonesia memiliki akses untuk memperoleh pendidikan yang layak. Tidak hanya itu, kini semakin banyak institusi dan lembaga independen ataupun swasta yang turut andil dalam memberikan bantuan berupa dana pendidikan dan beasiswa bagi anak Indonesia yang berpotensi, yang diharapkan dapat memberikan andil signifikan bagi peningkatan mutu pendidikan di negara ini.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan Internet yang dibangun oleh anak bangsa, Biznet memiliki rasa tanggung jawab untuk turut mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Dukungan Biznet bagi pendidikan ini hadir sebagai bagian dari Biznet Foundation, sebuah badan khusus yang didirikan sebagai bentuk keseriusan perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Salah satu program yang dijalankan oleh Biznet adalah program pemberian beasiswa bagi individu yang berpotensi, yang kedepannya diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi negara sehingga dapat bersaing di dunia global seperti saat ini.

Photo Gallery