full image

Panduan untuk Tenaga Medis Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

Sebagai garda terdepan dalam menghadapi COVID-19, seluruh pekerja dan tenaga medis termasuk dokter, perawat, sukarelawan, serta pekerja kesehatan lainnya menjadi pihak yang paling rentan terpapar virus COVID-19. Namun kini masyarakat dunia sangat bergantung pada mereka dalam menangani pasien COVID-19. Hingga saat ini, segala bentuk dukungan pun terus mengalir dari banyak pihak untuk para pekerja dan tenaga medis, untuk membantu mereka dalam menjalan pekerjaan mereka dan melakukan yang terbaik dalam merawat pasien COVID-19 dan menyelamatkan banyak nyawa, sehingga kita dapat segera melewati masa pandemi ini bersama-sama.

Sebagai garda terdepan, seluruh pekerja dan tenaga medis diharuskan mengikuti dan menjalani protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Untuk memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh tenaga medis dalam bekerja, berikut kami ulas beberapa panduan penting bagi para pekerja dan tenaga medis agar tetap aman dan terlindung dari penyebaran virus COVID-19, untuk dapat tetap bekerja dengan baik merawat pasien COVID-19:

image

Selalu menggunakan APD lengkap

Terkait Alat Pelindung Diri (APD), Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengeluarkan penduan lengkap penggunaan APD khusus untuk tenaga medis. Kelengkapan APD untuk pekerja medis terdiri dari masker, pelindung wajah, gaun coverall, apron, sarung tangan, pelindung kepala, serta pelindung sepatu.
Penggunaan APD harus tepat dan lengkap sehingga dapat mengidentifikasi potensi penularan serta memahami dasar kerja APD yang digunakan, sehingga dapat meminimalisir potensi bahaya yang bisa mengencam tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit. Untuk mendukung aktivitas tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19, APD harus memiliki bahan yang nyaman digunakan, fleksibel, tidak gampang rusak, serta tidak membatasi ruang gerak terugas kesehatan. Panduan penggunaan APD bagi tenaga medis ini disusun berdasarkan petunjuk dari WHO (World Health Organization).

image

Tetap terapkan protokol kesehatan

Meskipun telah menggunakan APD lengkap, seluruh tenaga medis juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan menjalani praktik pengendalian infeksi yang berlaku dengan baik. Pastikan selalu menjaga kesehatan dengan mencuci tangan yang benar selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun, menerapkan etika batuk dan bersin, serta tidak lupa untuk memisahkan APD yang telah dipakai atau telah terpapar COVID-19, sehingga APD tersebut tidak berpotensi menularkannya kepada orang lain.

Selama pandemi, dunia seakan bergantung pada pekerja dan tenaga medis dalam merawat pasien COVID-19. Oleh karenanya, mari kita bersama turut mendukung mereka dengan tetap menjaga kesehatan, menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar, dan terus berupaya untuk menekan angka penyebaran COVID-19.


Related Post

"text/javascript"> var $zoho=$zoho || {};$zoho.salesiq = $zoho.salesiq || {widgetcode:"ccc442cb935521c84e3cc5a224d8bb32a153179d913d7cb352a6b8fd8f43e2d809e62a41298d7584160fb900c64c479e", values:{},ready:function(){}};var d=document;s=d.createElement("script");s.type="text/javascript";s.id="zsiqscript";s.defer=true;s.src="https://salesiq.zoho.com/widget";t=d.getElementsByTagName("script")[0];t.parentNode.insertBefore(s,t);d.write("
"); pts-4.2.1.min.js">